Sosialisasi Ijen Geopark ditengah kegiatan World Cleanup Day Kawah Wurung

blgo image
  • Tanggal : 2020-09-19

Puncak kegiatan World Cleanup Day Indonesia terlaksana serentak 19 September 2020 kemarin. Kawah Wurung menjadi lokasi dilaksanakannya kegiatan bersih-bersih bersama komunitas dan masyarakat di Bondowoso. Kegiatan yang dimotori oleh Manusia Peduli Lingkungan ini melibatkan lintas komunitas dan lembaga, tidak hanya berasal dari Bondowoso tapi juga dari luar Bondowoso. Tujuan utama kegiatan ini adalah mengkampanyekan pesan untuk meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan dan menjaga keindahan alam. Sekitar 150 peserta turut memeriahkan aksi World Cleanup Day Bondowoso.
Selain bersih-bersih, kegiatan juga diisi dengan sosialisasi isu lingkungan, seperti pentingnya memilah sampah sehingga dapat dimanfaatkan menjadi barang-barang yang lebih bernilai ekonomis. Salah satu produk sampah yang didisplay adalah ecobrick, yaitu botol plastik yang diisi sampah plastik hingga padat dan keras, sehingga bisa dibuat struktur seperti kursi dan perabotan lain.
Berkaitan dengan lokasi acara, sosialisasi terkait Ijen Geopark juga disampaikan oleh Tim dari Badan Pengelola Ijen Geopark Bondowoso. Kawah Wurung menjadi salah satu situs geologi dalam Ijen Geopark yang yang akan diusulkan untuk menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark. Kawah Wurung berada dalam area Kaldera Ijen Purba sehingga di area tersebut masih dapat dijumpai jejak dan bukti goleologis eksistensi Gunung Ijen Purba yang harus kita jaga kelestariannya.

@wcdid_jatim_bondowoso
@wcdid_jatim
@worldcleanupdayindonesia @ijengeoparkbwo

#worldcleanupday #indonesia #bondowoso #worldcleanupdayindonesia #kawahwurung #ijengeopark